Melakukan transfer cepat dengan RTGS

By harianto | April 10, 2009

Transfer melalui sistem RTGS (Real Time Gross Settlement) saat ini adalah suatu cara yang sangat menguntungkan dan efisien dibandingkan dengan sistem pembayaran lainnya yang terdapat pada Bank. Hal itu bisa dilihat dimana apabila seorang nasabah melakukan permintaan transfer dana seperti dana tabungan ke rekening Bank lain melalui sistem RTGS, selanjutnya uang tersebut akan masuk ke rekening si penerima uang paling lambat pada hari dimana permintaan untuk mentransfer uang diberikan oleh nasabah. Singkatnya apabila kita ingin mentransfer uang pada hari senin maka hari pada hari itu pula uang tersebut akan masuk ke rekening si penerima pada bank lain (ditinjau dengan jam kerja bank). Apabila kita melakukan permintaan transfer setelah jam kerja bank maka uang yang di transfer akan masuk pada hari jam kerja bank berikutnya.

Menurut data yang terdapat pada BI, hampir 95% transaksi keuangan bersifat urgent atau mendesak. Dalam data BI transaksi yang dilakukan melalui sistem RTGS sedikitnya dapat mencapai Rp 82,8 triliun per hari. Sedangkan transaksi non tunai lainnya seperti kartu (AMPK) nilai transaksinya hanya sekitar Rp 4,7 triliun per hari. Maka dari itu sistem yang terdapat dala RTGS merupakan cara yang lebih baik dalam melakukan transfer dana antar Bank baik dalam jumlah kecil maupun jumlah dana yang besar.

Proses untuk melakukan sistem RTGS ini pun sangat mudah. Pertama adalah mengisi formulir penarikan uang dari tabungan dan juga formulir permohonan pengiriman uang. walaupun mengisi formulir penarikan uang, tetapi nasabah tidak akan menerima langsung uang tersebut namun akan langsung disalurkan ke rekening tujuan melalui formulir permohonan pengiriman uang. Kesimpulannya dengan sistem RTGS (Real Time Gross Settlement) melakukan pentransaksian akan sangat mudah, cepat, aman dan efisien serta menjadi salah satu inovasi yang dilakukan oleh para pelaku Bank untuk melakukan kemajuan terhadap sistem pembayaran di Indonesia.

Sumber data statistik http://www.bi.go.id/web/id/Sistem+Pembayaran/Sistem+Pembayaran+di+Indonesia/Sekilas/

Topics: Artikel | 4 Comments »

4 Responses to “Melakukan transfer cepat dengan RTGS”

  1. pebrisiswoyo

    cara tranfernya ke gimana mas….pake media apa?

  2. Sepri

    apa bedanya transfer via bank lain dengan ATM ato internet banking sama RTGS, klo saya liat kan sama2 ke bank lain, lagian pada waktu itu juga yang ditransfer bisa menerima uangnya…mohon dijelaskan ke emailku…makasih

  3. sulae

    bedanya kalo untuk non-nasabah bisa transfer dana ke bank lain.

  4. judi bola online

    saya pakai internet banking mau transfer RTGS kok gak bisa ya mas

Leave a Reply

Security Code:

RSS Rumah Pena Gunadarma

Komentar Terbaru

Tulisan Terbaru

Categories

Blogroll

Search Engine

Universitas Gunadarma

Blog Komunitas Perbankan, Universitas Gunadarma - Bank DKI, 2008